NEWS & UPDATE
Bantu Kembangkan Wisata Petualangan dengan Kreativitas

Bantu Kembangkan Wisata Petualangan Dengan Kreativitas

Indonesia memiliki lebih dari 100 destinasi wisata petualangan dengan potensi yang sangat besar. Beberapa diantaranya telah didatangi lebih dari 100.000 wisatawan setiap tahunnya. Mulai dari bagian barat hingga timur Indonesia kaya dengan destinasi wisata petualangan. Sebagai contoh Indonesia punya Puncak Carstensz Pyramid, Gunung Rinjani, Gunung Kerinci, Gunung Semeru, Sungai Citarik, Sungai Elo – Progo, Goa Jomblang, Goa Buniayu, Lokasi Wisata Paralayang Puncak dengan sejuta pesonanya.

Wisata petualangan memiliki keunggulan karena merupakan pengembangan dan penggabungan beberapa daya tarik wisata yaitu: petualangan, kuliner, budaya, sejarah, alam, religi, desa dan olahraga. Dengan mendatangi destinasi wisata petualangan, wisatawan bisa merasakan sensasi alam liar, kuliner dan budaya, serta hidup sehat dengan aktivitas luar ruang yang menguras keringat dalam satu kali perjalanan.

Di balik potensi yang besar, terdapat tantangan ke depan yang harus diperhatikan semua pihak. Layaknya destinasi wisata lainnya, dibutuhkan pengalaman bertualang yang nyaman, aman dan menyenangkan; baik bagi penduduk setempat maupun pendatang. Hal tersebut tentunya bisa dicapai dengan adanya fasilitas pendukung yang memadai. Salah satunya adalah dengan adanya shelter bagi penampungan wisatawan pada saat darurat.

Dalam menangkap peluang di bidang wisata petualangan, diperlukan integrasi program dan kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan untuk mendorong tumbuhnya wisata petualangan di Indonesia. Termasuk peran aktif masyarakat untuk terlibat langsung memberikan tenaga dan pikiran yang berdampak positif. Memahami hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan pihak terkait mengadakan Lomba Desain Shelter dengan hadiah yang sangat menarik. Melalui lomba ini, diharapkan adanya masukan, sudut pandang dan kreativitas mengenai fasilitas yang bisa mengembangkan destinasi wisata petualangan.

Pada akhirnya pengembangan wisata petualangan akan berdampak pada ekonomi masyarakat, daerah dan negara. Selain itu turut menjaga dan melestarikan sumber daya alam, serta menghidupkan kembali potensi sumber daya budaya. Yaitu menggali local wisdom dan local knowledge. Pengembangan destinasi wisata petualangan unggulan berkelas dunia ini secara strategis dapat menjadi salah satu jawaban atas target wisatawan mancanegara hingga 20 juta ditahun 2019.

Jadi, tidak ada ruginya menyumbang kreativitas untuk mengembangkan wisata petualangan di Indonesia. Membantu menjaga kelestarian alam, memajukan destinasi wisata berkelas dunia sekaligus berkompetisi mendapatkan hadiah menarik yang disediakan penyelenggara.