Informasi / Latar Belakang
Informasi / Latar Belakang

Pendahuluan

Wisata petualangan bertujuan untuk rekreasi atau olahraga. Untuk pengembangannya dibutuhkan pengalaman bertualang yang nyaman, aman dan menyenangkan; baik bagi penduduk setempat maupun pendatang.

Indonesia memiliki lebih dari 100 destinasi wisata petualangan dengan potensi yang sangat besar, beberapa diantaranya didatangi lebih dari 100.000 wisatawan pertahunnya.

Manfaat dari pengembangan wisata petualangan tentunya akan berdampak pada ekonomi masyarakat, daerah dan negara. Selain turut menjaga dan melestarikan sumber daya alam, serta menghidupkan kembali potensi sumber daya budaya. Yaitu menggali local wisdom dan local knowledge.

Wisata petualangan merupakan pengembangan dan penggabungan dari beberapa daya tarik wisata yaitu: petualangan, kuliner, budaya, sejarah, alam, religi, desa dan olahraga.

Pengembangan destinasi wisata petualangan unggulan berkelas dunia ini secara strategis dapat menjadi salah satu jawaban atas target wisatawan mancanegara hingga 20 juta ditahun 2019.

Dalam menangkap peluang di bidang wisata petualangan, diperlukan integrasi program dan kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan untuk mendorong tumbuhnya wisata petualangan di Indonesia.

Tentang Wisata Petualangan Indonesia

 

Memiliki kawasan destinasi wisata petualangan terlengkap, dari gunung bersalju hingga laut terdalam;

 

NUSA Destination

Memiliki sirkuit destinasi 7 puncak gunung tertinggi di 7 pulau / kepulauan di Indonesia, 52 Taman nasional yang memiliki aneka ragam potensi kegiatan petualangan, 17 kawasan karst dan goa-goa dengan total luas 154.000 km dengan 2 kawasan karst yang terkenal di dunia yaitu: kawasan karst Maros dan karst Gunung Sewu.

TIRTA Destination

Memiliki lebih 40 lokasi unggulan potensi sungai yang indah dan menantang untuk berarung jeram menggunakan: raft, kayak, canoe, board; beserta keberagaman flora fauna dan budaya penduduk setempat.

DIRGA Destination

Memiliki 10 kawasan bukit unggulan dengan pemandangan alam yang indah dan menarik untuk wisata paralayang.

Destinasi Unggulan Wisata Petualangan

DANAU TOBA 1. Pulau Samosir, Danau Toba – Sumatra Utara (Petualangan Dirgantara)
TN KERINCI SEBLAT 2. Kresik Tuo, Jambi (Pendakian Gunung)
BOROBUDUR 3. TN Merapi Merbabu – Jawa Tengah (Pendakian Gunung)
4. Goa Grubug dan Jomblang, Gunung Kidul – DIY (Penelusuran Gua) 
5. Sungai Elo – Progo, Magelang Jawa Tengah (Arung Jeram)
KEPULAUAN SERIBU 6. TN Gunung Gede Pangrango (Pendakian Gunung)
7. Goa Cipicung, Sukabumi – Jawa Barat (Penelusuran Gua) 
8. Gunung Mas, Puncak, Jabar (Petualangan Dirgantara)
9. Sungai Citarik, Sukabumi Jawa Barat (Arung Jeram)
TORAJA 10. Goa Salukkan Kallang, Maros Sulawesi Selatan (Penelusuran Gua) 
BROMO TENGGER SEMERU 11. TN Bromo Tengger Semeru (Pendakian Gunung)
12. Gunung Banyak, Batu Jawa Timur (Petualangan Dirgantara)
13. Sungai Pekalen, Probolinggo Jawa Timur (Arung Jeram)
MANDALIKA 14. TN Gunung Rinjani (Pendakian Gunung)
PAPUA 15. TN Lorents (Carstensz Pyramid), Intan Jaya Papua

Tujuan Kegiatan

  • Meningkatkan tujuan wisata petualang untuk rekreasi dan olahraga, menjadi pengalaman yang nyaman, aman dan menyenangkan.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan dengan menyediakan fasilitas publik serta sistem komunikasi yang membantu penanggulangan gawat darurat.
  • Mendukung program Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Kehutanan/Lingkungan Hidup dalam upaya pelestarian alam.
  • Menggali dan memberikan apresiasi kepada para desainer dan inovator di bidang desain arsitektur / perancang bangunan dan interior berbasis lingkungan, untuk pembangunan shelter / tempat perlindungan dan beristirahat di alam.
  • Mendorong terjadinya integrasi program dan kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan, yang pada akhirnya mendorong tumbuhnya wisata petualangan di Indonesia.
  • Sebagai penempatan branding (media placement) dari brand/ logo WONDERFUL ADVENTURE INDONESIA.